Hongkong Disneyland



Ok guys artikel kali ini mimin bakal membahas tentang Hongkong Disney Land yang sukses beradaptasi di Hongkong. Dengan judul artikel asli Disneys successful adaptation in Hong Kong: A glocalization perspective.

Apa itu Glokalisasi?
Berdasarkan judul aslinya, pasti bertanya-tanya, apasih Glokalisasi itu? Secara sederhana, glokaliasai adalah gabungan dari dua kata yakni, global dan lokal, yang mengandung arti penerapan budaya global yang menyesuaikan diri dengan budaya dan norma dari budaya dan pola pikir lokal. Dalam hal ini, Disneyland mengadobsi budaya lokal, yakni budaya China, terhadap produknya namun tetap menjaga keaslian tema Disney itu sendiri.

Hongkong Disneyland
Ok, semua pasti udah tau tentang Disneyland kan? Disney land sendiri merupakan sebuah tempat yang berisikan wahana-wahana hiburan yang tentu sudah terkenal di antara kita. Cieee
Di Asia Timur sendiri Tokyo Disneyland sudah lebih dulu hadir. Sedangkan Hongkong Disneyland sendiri merupakan cabang terbaru yang dibangun (pada saat artikel dibuat). Pembukaan Disneyland di China sendiri dilatar belakangi dari lebih murahnya biaya tenaga kerja dan bahan dibandingkan dengan tempat asalnya yakni Amerika.
Hongkong  Disneyland sendiri di bangun di atas tanah seluas 250ha yang terletak di Penny’s Bay dan bersebelahan dengan pegunungan. Untuk sekelas Disneyland lahan seluas itu relatif kecil, hal ini menyebabkan pelanggan harus mengantri selama berjam-jam untuk menikmati wahana dan atraksi lainnya.
Pada awal-awal pembukaannya, Hongkong Disneyland dianggap tidak sesuai dengan adat istiadat setempat. Karena menurut pengunjung, mereka merasa tidak familiar dengan budaya dan karakter Disney. Mereka juga merasa bingung bagaimana cara menikmati wahana yang ada. Sehingga pada awal pembukaannya (2005) pengunjung dari Hongkong Disneyland tidak lebih banyak dari Ocean park yang telah lebih dulu ada.
Sehubungan dengan hal maka pihak eksekutif Hongkong Disneyland mengadakan diskusi guna mencari solusi atas ‘masalah’ tersebut. Hingga pada akhirnya, setelah beberapa bulan beroperasi, maka Hongkong Disneyland memutuskan untuk menerapkan 4 perubahan agar Hongkong Disneyland bisa diterima oleh masyarakat, yakni

  1. pengurangan harga
  2. adaptasi terhadap pengunjung lokal 
  3.  perubahan dekorasi dan pengaturannya
  4. adabtasi dari praktik pekerja di Hongkong
PENGURANGAN HARGA
Ya, pada awal dibuka yakni September 2005, harga tiket yang dipatok terlalu tinggi mengingat Hongkong masih belum pulih seutuhnya dari krisis Keuangan pada akhir tahun 1990-an. selain itu, pada awal pembukaannya China secara keseluruhan masih tergolong sebuah bangsa dengan tingkat pendapatan rendah, sehingga kurang terjangkau bagi penduduk lokal. Serta penjualan tiket yang tidak mempertimbangkan hari libur yang berlaku di China.
Untuk mensiasati hal tersebut, maka pihak eksekutif Hongkong Disneyland menurunkan harga tiket menjadi HK $ 295 (US $ 38) untuk dewasa pada hari kerja, sehingga menjadi harga tiket masuk termurah dari semua Disney lainnya. Hal ini ternyata sukses untuk menarik minat pengunjung.
Pemotongan harga juga dikarenakan di Hongkong sudah banyak berdiri taman hiburan sehingga Disney harus menerapkan konsep yang berbeda dan meyakinkan pengunjung bahwa Disneyland lebih tradisional daripada taman yang lain.
Sehingga setelah membaiknya keadaan finansial Hongkong pada 2009,maka disney menaikkan harga yang semula HK $ 295 menjadi HK $ 350 untuk dewasa, dan dari HK $ 210 menjadi HK $ 250 untuk anak-anak

ADAPTASI TERHADAP PENGUNJUNG LOKAL
Orang-orang China umumnya memiliki perspektif yang berbeda dari orang-orang di tempat  lain. Pada umumnya pengunjung dengan rombongan atau paket wisata akan mendapatkan perbedaan harga daripada sendiri. Hal ini pada awalnya tidak diperhitungkan oleh Hongkong Disneyland sehingga menjadi alasan kenapa pengunjung yang datang sedikit. Sehingga pengelola akhirnya membenahi sistem tersebut yakni dengan memberikan pelayanan pada pengunjung yang datang secara rombongan, dan hasilnya pengunjung yang datang naik dengan pesat.
Selain itu guna meningkatkan jumlah pengunjung yang datang, Hongkong Disneyland telah menambahkan atraksi lokal dan hiburan yang bertemakan kebudayaan setempat. Misalnya karakter Mickey dan Minnie Mouse yang mengenakan pakaian merah yang identik dengan warna komunis (saat itu China berada di bawah kekuasaan komunis) dan merupakan warna keberuntungan menurut budaya China.
Penggunaan dwi bahasa yakni bahasa Inggris dan dialek lokal; brosur dan peta dicetak dalam karakter tradisional dan sederhana, Jepang, dan Inggris; penggunaan bahasa lokal pada pertunjukan; dan penyesuaian menu makanan lokal dan hidangan tradisonal China , merupakan cara-cara yang digunakan Hongkong Disneyland untuk menarik pengunjung.

PERUBAHAN DEKORASI DAN PENGATURANNYA
Adanya konsep Feng Shui juga mempengaruhi peruabahan dan penataan dekorasi di Hongkong Disneyland. Misalnya, pemindahan pintu masuk utama menjadi menghadap kearah yang benar. Pembangunan gedung berukuran 888 m2 yang konon merupakan angka keberuntungan dalam budaya China. Dan beberapa penerapan pembangunan yang sesaui dengan Feng Shui China.

ADABTASI DARI PRAKTIK PEKERJA DI HONGKONG
Pada awal pembukaan, Hongkong Disneyland menerapkan konsep “tempat paling bahagia di bumi” dan terkenal karena melaksanakan konsep “pabrik senyum”. Namun konsep “pabrik senyum” ini tidak sesaui dengan budaya China, karena menurut budaya bahwa orang yang terlalu ramah dipandang sebagai orang yang mencurigakan. Sehingga istilah “pabrik senyum” tidak berlaku di Hongkong Disneyland. Dan keramahan tidak terkenal karena keramahannya.
Lalu pada tahun awal setelah pembangunan, taman terganggu dengan adanya kontroversi. Yakni bukan hanya keluhan tentang kerusakan lingkungan namun juga keluhan tentang gaji dan kondisi pekerja. Misalnya jam makan siang yang pendek, jam kerja yang terlalu lama, dan minimnya jumlah pegawai. Keluhan tentang minimnya gaji akhirnya membuat Disney mengefaluasi lagi. Saat ini, karyawan telah terikat dalam anggota perserikatan Hongkong Disney Cash yang bertujuan meningkatkan gaji dan kondisi kerja.

Keberhasilan Glokalisasi
Penerapan keempat perubahan diatas menjadikan Hongkong Disneyland sebagai taman hiburan tersukses yang diumumkan pada Mei 2007 yang menunjukkan peningkatan presentase pertumbuhan dua digit di kalangan daratan China. Diprediksi juga akan menambah pendapatan sebesar $ 19 miliar untuk Hongkong dalam empat dekade mendatang.
Kesuksesan Hongkong Disneyland sendiri telah memicu ide seorang eksekutif dari sebuah taman hiburan di Beijing, untuk menjiplak karakter Disney dengan membuat mereka terlihat seperti orang-orang di Disney. Yang pada akhirnya membuat kemarahan dan kehebohan di pihak Disneyland.
Ok sekian postingan kali ini, semoga bermanfaaat. See you.. <3

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unsur - Unsur Pementasan Wayang Kulit

Petuah Jawa

Sekilas Tentang Puntadewa