Hongkong Disneyland
Ok guys artikel kali ini mimin bakal membahas tentang
Hongkong Disney Land yang sukses beradaptasi di Hongkong. Dengan judul artikel
asli Disney’s successful
adaptation in Hong Kong: A glocalization
perspective.
Apa itu Glokalisasi?
Berdasarkan judul aslinya, pasti
bertanya-tanya, apasih Glokalisasi itu? Secara sederhana, glokaliasai adalah
gabungan dari dua kata yakni, global dan lokal, yang mengandung arti penerapan
budaya global yang menyesuaikan diri dengan budaya dan norma dari budaya dan
pola pikir lokal. Dalam hal ini, Disneyland mengadobsi budaya lokal, yakni
budaya China, terhadap produknya namun tetap menjaga keaslian tema Disney itu
sendiri.
Hongkong Disneyland
Ok, semua pasti udah tau
tentang Disneyland kan? Disney land sendiri merupakan sebuah tempat yang
berisikan wahana-wahana hiburan yang tentu sudah terkenal di antara kita. Cieee
Di Asia Timur sendiri Tokyo
Disneyland sudah lebih dulu hadir. Sedangkan Hongkong Disneyland sendiri
merupakan cabang terbaru yang dibangun (pada saat artikel dibuat). Pembukaan
Disneyland di China sendiri dilatar belakangi dari lebih murahnya biaya tenaga
kerja dan bahan dibandingkan dengan tempat asalnya yakni Amerika.
Hongkong Disneyland sendiri di bangun di atas tanah
seluas 250ha yang terletak di Penny’s Bay dan bersebelahan dengan pegunungan.
Untuk sekelas Disneyland lahan seluas itu relatif kecil, hal ini menyebabkan
pelanggan harus mengantri selama berjam-jam untuk menikmati wahana dan atraksi
lainnya.
Pada awal-awal pembukaannya,
Hongkong Disneyland dianggap tidak sesuai dengan adat istiadat setempat. Karena
menurut pengunjung, mereka merasa tidak familiar dengan budaya dan karakter
Disney. Mereka juga merasa bingung bagaimana cara menikmati wahana yang ada.
Sehingga pada awal pembukaannya (2005) pengunjung dari Hongkong Disneyland
tidak lebih banyak dari Ocean park yang telah lebih dulu ada.
Sehubungan dengan hal maka
pihak eksekutif Hongkong Disneyland mengadakan diskusi guna mencari solusi atas
‘masalah’ tersebut. Hingga pada akhirnya, setelah beberapa bulan beroperasi,
maka Hongkong Disneyland memutuskan untuk menerapkan 4 perubahan agar Hongkong
Disneyland bisa diterima oleh masyarakat, yakni
- pengurangan harga
- adaptasi terhadap pengunjung lokal
- perubahan dekorasi dan pengaturannya
- adabtasi dari praktik pekerja di Hongkong
PENGURANGAN HARGA
Ya, pada awal dibuka yakni
September 2005, harga tiket yang dipatok terlalu tinggi mengingat Hongkong
masih belum pulih seutuhnya dari krisis Keuangan pada akhir tahun 1990-an. selain
itu, pada awal pembukaannya China secara keseluruhan masih tergolong sebuah
bangsa dengan tingkat pendapatan rendah, sehingga kurang terjangkau bagi
penduduk lokal. Serta penjualan tiket yang tidak mempertimbangkan hari libur
yang berlaku di China.
Untuk mensiasati hal
tersebut, maka pihak eksekutif Hongkong Disneyland menurunkan harga tiket
menjadi HK $ 295 (US $ 38) untuk dewasa pada hari kerja, sehingga menjadi harga
tiket masuk termurah dari semua Disney lainnya. Hal ini ternyata sukses untuk
menarik minat pengunjung.
Pemotongan harga juga
dikarenakan di Hongkong sudah banyak berdiri taman hiburan sehingga Disney
harus menerapkan konsep yang berbeda dan meyakinkan pengunjung bahwa Disneyland
lebih tradisional daripada taman yang lain.
Sehingga setelah membaiknya
keadaan finansial Hongkong pada 2009,maka disney menaikkan harga yang semula HK
$ 295 menjadi HK $ 350 untuk dewasa, dan dari HK $ 210 menjadi HK $ 250 untuk
anak-anak
ADAPTASI TERHADAP PENGUNJUNG
LOKAL
Orang-orang China umumnya
memiliki perspektif yang berbeda dari orang-orang di tempat lain. Pada umumnya pengunjung dengan
rombongan atau paket wisata akan mendapatkan perbedaan harga daripada sendiri.
Hal ini pada awalnya tidak diperhitungkan oleh Hongkong Disneyland sehingga
menjadi alasan kenapa pengunjung yang datang sedikit. Sehingga pengelola
akhirnya membenahi sistem tersebut yakni dengan memberikan pelayanan pada
pengunjung yang datang secara rombongan, dan hasilnya pengunjung yang datang
naik dengan pesat.
Selain itu guna meningkatkan
jumlah pengunjung yang datang, Hongkong Disneyland telah menambahkan atraksi
lokal dan hiburan yang bertemakan kebudayaan setempat. Misalnya karakter Mickey
dan Minnie Mouse yang mengenakan pakaian merah yang identik dengan warna
komunis (saat itu China berada di bawah kekuasaan komunis) dan merupakan warna
keberuntungan menurut budaya China.
Penggunaan dwi bahasa yakni
bahasa Inggris dan dialek lokal; brosur dan peta dicetak dalam karakter
tradisional dan sederhana, Jepang, dan Inggris; penggunaan bahasa lokal pada
pertunjukan; dan penyesuaian menu makanan lokal dan hidangan tradisonal China ,
merupakan cara-cara yang digunakan Hongkong Disneyland untuk menarik
pengunjung.
PERUBAHAN DEKORASI DAN
PENGATURANNYA
Adanya konsep Feng Shui juga
mempengaruhi peruabahan dan penataan dekorasi di Hongkong Disneyland. Misalnya,
pemindahan pintu masuk utama menjadi menghadap kearah yang benar. Pembangunan
gedung berukuran 888 m2 yang konon merupakan angka keberuntungan
dalam budaya China. Dan beberapa penerapan pembangunan yang sesaui dengan Feng
Shui China.
ADABTASI DARI PRAKTIK
PEKERJA DI HONGKONG
Pada awal pembukaan,
Hongkong Disneyland menerapkan konsep “tempat paling bahagia di bumi” dan
terkenal karena melaksanakan konsep “pabrik senyum”. Namun konsep “pabrik
senyum” ini tidak sesaui dengan budaya China, karena menurut budaya bahwa orang
yang terlalu ramah dipandang sebagai orang yang mencurigakan. Sehingga istilah
“pabrik senyum” tidak berlaku di Hongkong Disneyland. Dan keramahan tidak
terkenal karena keramahannya.
Lalu pada tahun awal setelah
pembangunan, taman terganggu dengan adanya kontroversi. Yakni bukan hanya
keluhan tentang kerusakan lingkungan namun juga keluhan tentang gaji dan
kondisi pekerja. Misalnya jam makan siang yang pendek, jam kerja yang terlalu
lama, dan minimnya jumlah pegawai. Keluhan tentang minimnya gaji akhirnya membuat
Disney mengefaluasi lagi. Saat ini, karyawan telah terikat dalam anggota
perserikatan Hongkong Disney Cash yang bertujuan meningkatkan gaji dan kondisi
kerja.
Keberhasilan Glokalisasi
Penerapan keempat perubahan diatas menjadikan Hongkong Disneyland
sebagai taman hiburan tersukses yang diumumkan pada Mei 2007 yang menunjukkan
peningkatan presentase pertumbuhan dua digit di kalangan daratan China. Diprediksi
juga akan menambah pendapatan sebesar $ 19 miliar untuk Hongkong dalam empat
dekade mendatang.
Kesuksesan Hongkong Disneyland sendiri telah memicu ide
seorang eksekutif dari sebuah taman hiburan di Beijing, untuk menjiplak
karakter Disney dengan membuat mereka terlihat seperti orang-orang di Disney.
Yang pada akhirnya membuat kemarahan dan kehebohan di pihak Disneyland.
Ok sekian postingan kali
ini, semoga bermanfaaat. See you.. <3
Sukses lur....
BalasHapussiapp pak.. you too
Hapus